1001 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Umat Muslim

Puasa Ramadhan adalah bulan yang paling di nanti oleh semua umat muslim di seluruh penjuru dunia, selama satu bulan penuh kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dan alloh swt akan memberikan amal pahala yang berlimpah serta penuh berkah bagi umat muslim yang dengan ikhlas berlomba-lomba menjalankan segala bentuk ibadah dan amalan-amalan kebaikan.

Salah satunya denga memperbanyak sholat sunnah, tilawah (membaca) Al-Qur’an, I’tikaf, sholat tarawih berjama’ah, dan masih banyak lagi. Sebelum bulan Ramadhan berakhir, ada kewajiban membayar zakat fitrah yang mampu mensucikan diri dan harta kita dan di penghujung bulan ramadhan kita akan menyambut hari kemenangan umat muslim dengan shalat idul fitri.


Berbicara soal menjalankan ibadah puasa, banyak sekali manfaat puasa yang akan dapatkan bahwakan alloh swt menganjurkan umatnya untuk berpuasa di hari-hari biasa sebagai penahan diri dari nafsu dan syahwat buruk, terutama bagi para lajang yang masih belum siap menikah. Hal itu ditujukan agar dia terhindar dari berbuat maksiat dan berzina.

Ada banyak sekali manfaat berpuasa untuk diri kita yang salah satunya adalah untuk kesehatan jasmani dan rohani dan berikut dibawah ini uraiannya.

Meningkatkan Menjaga Kesehatan
Dengan berpuasa Ramadhan selama 1 bulan penuh maka kita selaku umaat Islam yang melaksanakannya akan banyaka memberikan faedah kegunaan manfaat berpuasa bagi kesehatan kita sendiri.

Menurunkan Berat Badan
Jika anda ingin menurunkan Berat Badan dengan Diet, Maka ganti Diet anda dengan Puasa, karna dengan berpuasa jadwal makan dan minum akan teratur dengan baik, juga tidak berlebihan dan tidak juga menyiksa tubuh anda. Tetapi Anda juga harus berhati-hati, Proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.

Detoksifikasi Racun
Puasa merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua dalam sejarah peradaban manusia. Dengan puasa, berarti kita membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga hal ini akan menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Ini adalah bagian dari hubungan puasa dengan kesehatan. Karena memang dengan kesehatan kita bisa menjalankan aktifitas ibadah dengan lebih baik dan optimal.

Menghilangkan /Meredakan Nyeri Pada Persendian
Siapa sangka, puasa juga bisa menjadi obat untuk meredakan penyakit yang satu ini. bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

Menjaga Kadar Gula Darah
Puasa bagi kesehatan akan memberikan manfaatnya antara lain adalah bisa membantu dalam proses menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan juga mengendalikan tekanan darah. Itulah mengapa dalam satu sisi, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi.

Mengurangi Konsumsi Cairan yang Berlebihan
Pengurangan konsumsi air selama puasa, bisa membantu mengatasi akumulasi cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses ‘pengeringan’ ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami saat seseorang mengalami menstruasi.

Melatih Disiplin Waktu
Untuk menghasilkan puasa yang tetap fit dan kuat di siang hari, maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup, hal ini membuat kita tidur lebih teratur demi lancarnya puasa. Bangun untuk makan sahur dipagi hari juga melatih kebiasaan untuk bangun lebih pagi untuk mendapatkan rejeki (makanan).

Tiap Kegiatan Mulia Dan Kebaikan Merupakan Ibadah
Setiap langkah kaki menuju masjid ibadah, menolong orang ibadah, berbuat adil pada manusia ibadah, tersenyum pada saudara ibadah, membuang duri di jalan ibadah, sampai tidurnya orang puasa ibadah, sehingga segala sesuatu dapat dijadikan ibadah.